Soto Betawi


Akhirnya...kesampean juga makan Soto Betawi. Rasanya udah lama banget gak makan soto yang satu ini...jadi...begitu liat resepnya di buku masakan...wuih...jadi kepengenan.


Alhasil, dibela-bela'in pulang kerja walau tadi siang panasnya membara, mampir ke swalayan. Beli segala macem keperluan untuk terlaksananya si Soto Betawi ini.
Nah, ini diye resep nyang aye pake...
  • 500 gr daging sapi (yang empuk)
  • 1,5 liter air
  • 500 cc santan atau susu segar UHT
  • 2 buah serai, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 4 lembar daun salam
  • 1/2 buah pala, memarkan
  • 4 butir cengkeh (kalo g ada, boleh pake bubuk ato dihilangkan)
Bumbu yang dihaluskan:
  • 10 butir bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 sdm jinten
  • 1 sdm ketumbar
Cara Membuat:
  • Rebus daging dengan 1,5 liter air sampe empuk. Angkat daging, potong-potong, sisihkan.
  • Tumis bumbu halus, serai, pala, cengkeh, daun jeruk & daun salam. Lalu masukkan ke dalam air rebusan daging. Masak terus sampe mendidih lalu masukkan santan/susu. Jangan lupa tambahkan garam dan lada. Masak sampai mendidih sambil diaduk-aduk biar santan/susu gak pecah2.
  • Ya udah...udah bisa di hidangkan; pake irisan seledri, daun bawang, tomat, kentang rebus, emping, sambal dan kecap manis.
Selamat mencoba ya....

 
Template by suckmylolly.com - background image by elmer.0