Ampas Terigu


Ceritanya hari ini lagi kerajinan :D. Pagi-pagi udah ke pasar beli ayam dll untuk bikin Ayam Woku untuk besok di bawa Ibu saya ke latihan koor. Sampe di rumah, bersihin ayamnya dan sempat keluar rumah lagi. Pulangnya siapin bumbu ayam & langsung masak. Ayam selesai...kebetulan rumah lagi kosong & gak tau lagi mau ngapain. Ya udah...mutusin bikin Ampas Terigu untuk ngemil sambil nonton. Akhirnya...jadi deh Ampas Terigunya. 
Oh ya, Ampas Terigu ini salah satu ciri khas makanan Maluku. Biasanya dimakan pagi hari sebagai sarapan karena ini juga sejenis roti atau bisa juga sebagai makanan selingan/snack. Kalau mau coba, ini dia resepnya...hati-hati jadi ketagihan!

Ampas Terigu
500 gr tepung terigu (saya pakai tepung khusus untuk roti)
11 gr ragi instan
150 gr gula merah (yang warna agak kehitaman ya!)
1 sdt kayu manis
1/4 sdt garam
1 butir telur (yang agak besar)
250 ml air
50 gr margarine
1/2 buah kelapa 1/2 tua (kulitnya dikupas ya lalu parut kasar)
2 lembar Daun Pandan
Cara Membuatnya:
  • Masak gula merah dengan air, garam & daun pandan. Setelah gula larut, saring. Sisihkan.
  • Masukkan terigu dalam baskom, beri ragi, kayu manis & telur. Aduk rata.
  • Tambahkan air gula merah. Aduk rata. Tambahkan margarine, aduk rata hingga kalis. Masukkan kelapa parut, aduk rata.
  • Diamkan adonan selama 1 jam (jangan lupa ditutup dengan plastik atau serbet ya!).
  • Kempiskan adonan. Bentuk bulat kurang lebih @ 40 gr. Taruh di loyang yang telah dioles margarine tipis. Diamkan lagi kurang lebih 30 menit.
  • Panggang adonan dalam oven kurang lebih 30 menit sampai matang.
Resep ini merupakan resep modifikasi saya sendiri karena resep aslinya saya gak tau. Gak sempat nanya ke oma-oma.Jadi giliran kedua oma udah meninggal dunia, harus berusaha cari resep sendiri :(.

Muffin Wilton


Ceritanya penasaran dengan Muffin Wilton yang beberapa waktu lalu ada di salah satu milis kuliner yang saya ikuti. Cari-cari resepnya di oom google, akhirnya dapat di blognya mbak Riana A. Ternyata, yang membawa resep ini pertama kali adalah alm. Ruri yang ternyata cukup populer di NCC sehingga nama lain sang Muffin biasa dipanggil Muffin Ruri.
Akhirnya, pagi kemarin, diniatin juga bikin muffin ini. Cetakan yang saya pakai yang besar (tapi cuma 5 buah & hasilnya gede banget, jadi kenyang duluan liatnya) & cetakan kecil. Untuk perdana, sengaja saya gak pake isian ato topping tambahan kecuali di cetakan yang besar (gak ada fotonya) saya isi dengan selai blueberry tapi rasanya terlalu manis.
Lain kali mau bikin lagi kayaknya.

Kentang Panggang


Menu dadakan untuk makan siang. Gara-gara lagi kepengen makan kentang tapi bukan kentang goreng. Jadi dibuatlah Kentang Panggang dadakan ini atau biasanya kita di rumah bilang OvenSchotel.

Kentang 2 kilo, kupas, rebus 1/2 matang. Lalu potong melintang setebal 1/2 cm. Biasanya kentangnya dihaluskan tapi karena kentangnya terbatas & udah pada lapar jadi dibuat yang praktis.

Wortel sedang 2 buah dipotong dadu, rebus dengan kacang polong 2 ons. Setelah agak matang, buang airnya lalu tambahkan margarine 1 sdm & parutan pala.

Untuk dagingnya: daging sapi giling 2 ons ditumis dengan bombay yang dipotong dadu & bawang putih yang dicincang halus. Tambahkan garam, lada, pala & sedikit oregano.

Lalu semuanya disusun di pinggan tahan panas yang sudah dioles margarine. Tata sebagian kentang, beri daging lalu sayuran dan tutup kembali dengan sisa kentang. Oles kentang dengan margarine tapi jangan terlalu tipis. Taburi dengan tepung roti & beri oregano sedikit.
Panggang di oven suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 35-45 menit.
Kebetulan di rumah masih ada persediaan saus daging instan kiriman dari Belanda jadi dimanfaatkanlah. Mudah-mudahan suatu saat saya bisa share resepnya (kalau ketemu :D).

Ketupat


Ini adalah kali pertama saya membuat ketupat sendiri. Agak ragu juga bagaimana hasilnya. Cuma berbekal ingatan dari belajar membuat ketupat tahun lalu. Waktu itu sih masih dibimbing dengan tante yang memang dikenal tukang masak di keluarga besarnya. Mungkin, lain orang lain juga cara buat ketupatnya ya. Sempat googling juga di internet, banyak banget perbedaan cara masaknya. Kalau yang biasa di keluarga saya, berasnya dicuci lalu ditiris sampai kering betul baru dimasukkan ke kulit ketupat. Lalu masukkan di panci yang cukup besarnya dan isi dengan air sampai melewati ketupat yang paling atas. Jangan lupa beri daun pandan supaya wangi & sedikit garam. Hanya kali ini saya memasak ketupatnya didalam air yang sudah di didihkan terlebih dahulu. Lalu masak ketupat kira2 4-5 jam. Setelah matang, angkat dari panci & guyur dengan air matang biasa (bukan air es) lalu tiriskan. Dan...keraguan saya tidak terbukti tuh...ternyata bisa juga masak ketupat :D

Vanilla & Chocolate Cupcakes


Ini adalah Vanilla & Chocolate Cupcakes dengan hiasan, hasil karya perdana. Frostingnya saya memakai Non-Dairy Haan Whipped Cream dengan tambahan gelatine yang dicairkan dengan maksud agar tidak cepat mencair setelah diaplikasikan (cara ini saya baca dari blognya ci Shirley Theresia). Khusus untuk kali ini, fotonya diambil oleh Ms. Debbie Samson.

Ikan Tuna Saus Kecap


Menu minggu siang ini, Sup Kimlo ditemani Ikan Tuna yang digoreng dengan balutan tepung bumbu dan diberi Saus Kecap. Perpaduan menu yang cukup menggiurkan...segar dan yang pasti...mengenyangkan :D

Untuk ikan tuna ini, saya memakai saus kecap yang biasa saya pakai untuk Ayam Kecap. Seperti biasa, untuk takaran pemakaian bahan, saya hanya mengira-ngira. Jadi semua jumlah pemakaian bahan  dimasukkan sesuai selera.

Brownies Kukus


Brownies Kukus ini saya buat sebagai hadiah ulang tahun Ibu Baptis saya yang jatuh awal bulan November 2010 ini. Setelah dingin, brownies ini saya tutup dengan DCC yang dicairkan. Setelah mengeras, diberi hiasan coretan dengan DCC juga. 
Fotonya kurang maksimal karena diambil dengan HP pada waktu malam karena besok pagi2 sekali kuenya mau diantar ke yang berulang tahun. 
Enjoy your special day!

 
Template by suckmylolly.com - background image by elmer.0