Sagu Keju



Kali ini gilirannya Sagu Keju yang di uji coba. Saya memakai resep dari buku terbaru NCC (60 Resep Cake & Cookies Anti Gagal). Saya coba dengan 1/2 resep. Dan tantangan terbesarnya waktu mencetak adonan dengan spuit...amburadul hasilnya...ada yang kecil, ada yang besar dan ada yang besar sekali :D. Tapi yang penting rasanya...tetap OK.

Chocolate Cupcake


Kali ini saya mencoba membuat Chocolate Cupcake. Saya memakai resep dari blognya mbak Anne. Secara keseluruhan, rasanya enak namun kalau nantinya akan ditutup dengan fondant atau buttercream sepertinya pemakaian gula harus sedikit dikurangi. Untuk gula ukuran resep ini, lebih cocok dimakan tanpa hiasan karena sudah cukup manis.

African Gateau



Kali ini saya benar-benar terseret arus "African Gateau" yang akhir-akhir ini ramai berseliweran di milis NCC. Mulai dari ci Shirley Paiton. Benar-benar bikin orang jadi penasaran dengan si African ini. Gak tahan juga, akhirnya memutuskan untuk mencoba membuatnya.
Hhmm...so...inilah potongan hasil jadi si African Gateau ini. Untuk cakenya mantap punya deh, kayaknya resep ini bakalan jadi salah satu andalan. Tapi untuk vla/fillingnya, kayaknya maizenanya harus dikurangi sedikit karena terlalu kental sampai-sampai gak bisa ketempel di kue coklatnya. Sayang oven dirumah ukuran kecil, karna sepertinya gak bisa berhenti menyantap kue ini. Mau lagi, lagi, lagi dan lagi....(???doyan ato...rakus???).
Oh ya, resep yang saya pake, resep African Gateau yang ada diblognya mbak Riana. Dan karena untuk pertama kali, saya hanya buat 1/2 resep.

Kue Bangket Kacang


Kali ini saya ikut partisipasi di event NCC Week dengan tema Kue Bangket. Ada beberapa versi resep yang diberikan Ibu2 Host. Namun yang kali ini saya pakai adalah resepnya ibu Nadrah Shahab dengan alasan cukup mudah dibuat untuk pemula seperti saya.
 Waktu praktek, gak ada halangannya semua lancar. Sengaja saya pakai 1/3 resep dulu, itu pun hasilnya dapat 3 toples kuker uk. 200 gram karna adonannya saya bentuk koin lk.10 gram.

Kue Bangket Kacang
Resep oleh Nadrah Shahab.

750 gram tepung terigu
500 gram kacang tanah 
400 - 500 gram gula halus
500 - 600 ml minyak goreng
1/2 sdt garam

  1. Tepung terigu disangrai (saya sangrai dengan 2 lembar daun pandan sampai daunnya layu) lalu dinginkan.
  2. Kacang tanah disangrai/dipanggang lalu dihaluskan dengan blender. (Saya memakai kacang tanah tanpa kulit)
  3. Campur semua bahan kering jadi satu lalu tuang minyak goreng sedikit demi sedikit sampai adonan dapat dipulung dan dibentuk. Bentuk sesuai selera.
  4. Panggang adonan di oven suhu 140 derajat celcius (saya 100 derajat celcius karena pakai oven listrik) selama kurang lebih 10 menit (saya sekitar 15 menit).
  5. Setelah matang, biarkan kue dingin di loyang. Jangan diangkat waktu masih panas karena kue rapuh
  6. Setelah kue benar-benar dingin, susun di toples dan tutup rapat.

    Soto Ayam


    Resep ini dari Ibu saya yang pernah mengikuti kursus memasak. Soto Ayam ini rasanya ringan. Mungkin karna tidak memakai terlalu banyak bumbu, hanya bawang putih, bawang merah, serai (yang agak banyak), jahe, kunyit & daun jeruk (yang juga agak banyak). Ayamnya tidak digoreng seperti soto kebanyakan. Jadi, enak disantap panas-panas kalau lagi kurang enak badan & apalagi kalau cuaca sedang kurang bersahabat alias mendung atau hujan.

    Choco Cookies


    Kemarin sore saya mencoba membuat Choco Cookies. Lumayan buat ngemil sambil nonton TV. Toppernya saya pakai remahan Coco Crunch. Secara keseluruhan, resep ini yang saya coba ini sudah cukup mantap. Hanya mungkin ada beberapa bahan yang bisa digantikan supaya rasanya lebih mantap lagi.

    Kaastengels


    Kaastengels, siapa yang gak suka??? Denger namanya aja udah bikin perut agak sedikit berontak. 
    Semalem sempat googling cari resep Kaastengels. Memang udah punya beberapa resep tapi semuanya belum sempat dicoba. Sampai akhirnya ketemu dengan resepnya majalah Santap. Kebetulan hari ini ke daerah Mayestik ngantar undangan di ex SMP jadi dilanjutkan ke pasar Mayestik. Pas masuk di penampungan sementara, pas juga lihat plangnya toko Merry dan langsung mampir beli keju Edam.
    Waktu pemanggangan kloter 1...wow...bau wangi kejunya itu lho! Kesimpulannya akhirnya...maknyusssss...kata pak Bondan....
     

    Havermut Cheese Bread


    Kali ini saya mencoba resep dari majalah Sedap edisi Oktober 2010. Hasilnya menurut saya lumayan. Havermutnya sih kurang berasa. Tapi untuk cara pembuatannya, cukup mudah untuk pemula seperti saya.



    Madonna

    Entah kenapa cake yang satu ini dinamai Madonna. Dan siapa yang pertama kali meluncurkannya juga tidak ada kejelasan. Tapi yang pasti, selama beberapa tahun belakang sang cake menjadi primadona bagi penduduk kota Ambon. Pertama kali dengar jadi penasaran juga, seenak apa cake ini sampai-sampai dinamai Madonna. Ternyata...ini si Madonna itu!


     Jadi si Madonna ini adalah sejenis sponge cake yang disusun/dilapis dengan agar-agar coklat/merah (sesuai selera). Hampir seperti African Gateau ya. Bedanya, African Gateau sponge cake coklat dilapisi vla. Jangan-jangan yang pertama kali bikin Madonna ini justru penasaran dengan African Gateau?! Who know's??? Tapi soal rasa, kembali ke masing-masing orang saja ya. Kalau untuk saya, Madonna ini tidak terlalu menjadi Madonna untuk saya :(
     

    Wajik Jagung

    Saya dikenalkan dengan wajik jagung oleh Oma dari Ibu. Itu pun sudah lama, mungkin waktu saya masih berusia 6 tahun. Kangen berubah jadi penasaran. Bagaimana caranya buat wajik jagung ini?! Sempat tanya-tanya dengan para tante yang jago masak tapi jawabannya kurang memuaskan. Lalu saya coba eksperimen sendiri dengan jagung pipil yang diblender tapi hasilnya juga kurang memuaskan. Akhirnya, saya minta kenalan untuk membelikan tepung jagung (bukan maizena) yang cuma ada di Ambon. Setelah bahannya ada, mulailah dilakukan eksperimen lagi. Pertama, rasanya pas tapi masih terlalu lembek. Eksperimen kedua, rasa agak kurang dan kurang padat. Eksperimen ketiga, hasilnya memuaskan! Akhirnya ketemu juga jalan keluarnya. 

    Pudding Almond

    Sebenarnya ini Pudding Almond ke-2 saya. Kali ini saya menambahkan bubuk almond ke dalam resepnya selain essen almond. Rasanya tambah enak & segar. Wadah yang saya pakaipun lebih dari 1 jenis. Yang mau pesan...ditunggu ordernya ya!





     
    Template by suckmylolly.com - background image by elmer.0