Bakpao...lagi...

Hari minggu, gak ada kegiatan, sendirian... Nonton TV udah bosen, acaranya siaran ulang semua. Buka2 email udah. Browsing sana sini juga udah. Buka2 arsip resep, liat persediaan bahan2 kue di lemari dapur...mmm...masih ada tepung Tang Mien nih. Kebetulan ada daging giling juga. Ya udah, diniatin bikin bakpao. Kali ini, kulit bakpaonya pake resepnya pak Sahak Pribadi juga isiannya pake resep yang sama. Hasil akhirnya, cukup memuaskan. Makan 2 buah bakpao aja udah kekenyangan. Tapi yang bikin saya penasaran, kenapa kulitnya gak mulus yang punya orang2 ya? Padahal waktu menguleni udah sampai kalis deh. Ya udahlah...yang pentingkan masih bisa dibilang berhasil kan???


Cheese Muffin

Bosan sarapan roti, saya membuat muffin keju untuk sarapan kali ini. Resepnya saya dapat dari blognya "Sexy Chef".



Sup Kimlo


Penasaran dengan menu Sup Kimlo dari daftar makanan catering yang saya pakai untuk reuni SMP, akhirnya hari ini saya memasak Sup Kimlo untuk makan siang. Kebetulan saya sudah rada bosan dengan menu Sup Sayur yang cukup dominan dibuat. Resep kali ini saya mencoba dari resepnya mbak Ika Tewu yang hanya menggunakan daging ayam.


Peanut Butter Cookies



Kali ini giliran Peanut Butter Cookies NCC yang saya coba. Bahan-bahannya mudah dan murah. Dan yang paling penting, tidak perlu menggunakan mixer, cukup mengaduk dengan spatula selesai.

Hanya saja, hasil akhir Peanut Butter Cookies buatan saya tidak berbentuk bulat seperti punya NCC tapi sengaja saya buat seperti koin. Kenapa? Karna waktu menimbang terigu, jumlah yang diperlukan 250 gr tapi sepertinya timbangannya gak sampai segitu :D. Jadi adonan akhirnya, agak-agak lembek. Loyang pertama dengan adonan yang agak lembek itu. Untuk loyang kedua, adonannya saya tambah terigu menurut feeling aja. Tapi hasil yang di dapat dari 2 loyang tersebut sama aja. Enak dan renyah.

Donat


"'chel, gw lagi di Parung nih, lagi diminta bikinin donat untuk arisan." kata Yon, teman saya sewaktu saya menelpon dia. Donat lagi...donant lagi... Kayaknya saya lagi sering dengan kata "Donat" deh. Gak di mail NCC yang banyak berseliweran pesan "Lapor: Donat ala JCo", eh sekarang si Yon juga bikin donat. Jadi saya terpancing deh untuk bikin donat.

Untuk percobaan perdana ini, saya sengaja membuat 1/2 adonan. Waktu pencampuran bahan kedua setelah biang, diuleni tapi kok lengket terus ya? Akhirnya, tambah tepung sedikit aja. Uleni lagi...lho kok gak kalis2 sedangkan di resepnya kan di bilang, uleni adonan hingga kalis lebih kurang 10 menit. Udah 10 menit tapi gak ada tanda2 bakal kalis. Ah, udahlah, pokoknya sesuai apa kata resep aja. Udah 10 menit, adonannya saya bulatkan lalu tutup deh pake plastik.

Ada beberapa bahan yang saya lewatkan karena gak sempat beli lagi, seperti susu full cream & minyak goreng padat. Cetakan yang saya pake juga yang ukuran kecil jadi hasil akhirnya ya gitu deh...imut! Jadi makan 5 buah donat juga kayak serasa belum makan (wkwkwk...). Tapi secara keseluruhan, donat ini enak lho walau masih penasaran, kok gak persis kayak donat JCo. Dan walau diinapkan semalaman (udah digoreng semua, belum di kasih gula & ditaro di stoples rapat) donatnya tetap empuk. Top deh! Jadi ketagihan mau bikin lagi (tapi harus beli cetakan yang agak besar & bahan2 harus lengkap!).

Untuk yang amatir kayak saya, jangan takut untuk mencoba membuat donat ini. Dijamin berhasil deh!

Untuk resepnya, bisa ambil langsung dari NCC ya!


Bakpao

Setelah melihat resep Bakpao di NCC, rasanya pengen banget mencoba membuat. Pas kebetulan lagi pergi ke daerah Blok M, akhirnya mampir di toko Loyang beli mentega putih & tepung Tang Mien. Tapi, bukan berarti begitu bahan lengkap terus bisa langsung bikin...eh masih nunggu sampe mood mantep. Jadi, suatu sore di hari Minggu bulan Juli, dimulailah eksperimen tersebut. Pertama, mikir mau pake isian apa ya? Kalo manis, nggak terlalu suka. Mau asin, males masak isinya lagi. Jadi, diambil keputusan sepihak, kali ini kita mencoba membuat bakpao tanpa isi; dengan alasan, yang penting, kita berhasil dulu membuat bakpao-nya.

So...inilah hasil akhir bakpao yang sudah di kukus. Ternyata nggak susah2 amat & berhasil tuh!



 
Template by suckmylolly.com - background image by elmer.0