Donat


"'chel, gw lagi di Parung nih, lagi diminta bikinin donat untuk arisan." kata Yon, teman saya sewaktu saya menelpon dia. Donat lagi...donant lagi... Kayaknya saya lagi sering dengan kata "Donat" deh. Gak di mail NCC yang banyak berseliweran pesan "Lapor: Donat ala JCo", eh sekarang si Yon juga bikin donat. Jadi saya terpancing deh untuk bikin donat.

Untuk percobaan perdana ini, saya sengaja membuat 1/2 adonan. Waktu pencampuran bahan kedua setelah biang, diuleni tapi kok lengket terus ya? Akhirnya, tambah tepung sedikit aja. Uleni lagi...lho kok gak kalis2 sedangkan di resepnya kan di bilang, uleni adonan hingga kalis lebih kurang 10 menit. Udah 10 menit tapi gak ada tanda2 bakal kalis. Ah, udahlah, pokoknya sesuai apa kata resep aja. Udah 10 menit, adonannya saya bulatkan lalu tutup deh pake plastik.

Ada beberapa bahan yang saya lewatkan karena gak sempat beli lagi, seperti susu full cream & minyak goreng padat. Cetakan yang saya pake juga yang ukuran kecil jadi hasil akhirnya ya gitu deh...imut! Jadi makan 5 buah donat juga kayak serasa belum makan (wkwkwk...). Tapi secara keseluruhan, donat ini enak lho walau masih penasaran, kok gak persis kayak donat JCo. Dan walau diinapkan semalaman (udah digoreng semua, belum di kasih gula & ditaro di stoples rapat) donatnya tetap empuk. Top deh! Jadi ketagihan mau bikin lagi (tapi harus beli cetakan yang agak besar & bahan2 harus lengkap!).

Untuk yang amatir kayak saya, jangan takut untuk mencoba membuat donat ini. Dijamin berhasil deh!

Untuk resepnya, bisa ambil langsung dari NCC ya!


 
Template by suckmylolly.com - background image by elmer.0