Bakpao...lagi...

Hari minggu, gak ada kegiatan, sendirian... Nonton TV udah bosen, acaranya siaran ulang semua. Buka2 email udah. Browsing sana sini juga udah. Buka2 arsip resep, liat persediaan bahan2 kue di lemari dapur...mmm...masih ada tepung Tang Mien nih. Kebetulan ada daging giling juga. Ya udah, diniatin bikin bakpao. Kali ini, kulit bakpaonya pake resepnya pak Sahak Pribadi juga isiannya pake resep yang sama. Hasil akhirnya, cukup memuaskan. Makan 2 buah bakpao aja udah kekenyangan. Tapi yang bikin saya penasaran, kenapa kulitnya gak mulus yang punya orang2 ya? Padahal waktu menguleni udah sampai kalis deh. Ya udahlah...yang pentingkan masih bisa dibilang berhasil kan???



Resepnya...

Bahan Kulit:
250 gr tepung hongkong (saya pake Tang Mien - 200 gr)
250 gr tepung terigu segitiga (saya pake tepung terigu kunci - 300 gr)
50 gr gula halus
11 gr (1 bungkus) ragi instan
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
250 ml air es
50 gr mentega putih

Bahan Isi:
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 siung bawang bombay, cincang halus
100 gr daging giling (saya pakai 200 gr)
1 sdm kecap manis (saya skip)
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram (saya tambah sendiri)
1/2 sdm kecap ikan (saya tambah sendiri)
lada, garam, gula - secukupnya, sesuai selera

Cara Membuat Kulit:
  • Campur semua bahan kering.
  • Masukkan air es sambil diuleni
  • Masukkan mentega putih dan uleni terus sampai kalis.
  • Ambil sejumput adonan (saya pakai ukuran 50 gr per bakpao), pipihkan dan isi dengan bahan isian sesuai selera (saya pakai 2 sdt).
  • Bentuk adonan, taruh diatas kertas roti yang sudah dipotong-potong.
  • Kukus selama kurang lebih 10 menit.
Cara Membuat Isi:
  • Tumis bawang putih dan bombay sampai harum. Masukkan daging, aduk rata. Masukkan bumbu2, aduk rata.
  • Masak sampai daging empuk. Angkat dan dinginkan.
Hasil jadi kira2 15 buah bakpao.

 
Template by suckmylolly.com - background image by elmer.0