Ontbijtkoek

Sumber: Kue-kue Indonesia. Yasa Boga – PT. Gramedia Jakarta, 2007.

Ini adalah tantangan pertama yang saya ikuti di Klub Berani Baking. Awalnya sih PD banget waktu daftar untuk jadi anggota tapi begitu direspon ok dari admin, malah jadi kempas-kempis juga. Secara ngeliat resep-resep “udah dipanggang” … weleh-weleh-weleh!
Begitu ngeliat tantangan kali ini, aaaahhh....untung ga ngejelimet. Tapi biar gitu, biar kata bahan dan cara pembuatannya mudah; waktu untuk ngerjainnya yang ga mudah. Undur mulu. Sampe akhirnya, mau ga mau, ngantuk-ngantuk juga di jabani.
Di resep ini saya ga pake kenari dan cetakannya juga pake mangkok-mangkok gitu, tujuannya sih supaya lebih praktis.
Hasilnya...tidak mengecewakan...orang rumah pada suka tuh (walau comment-nya, rasa ga seperti yang asli)! Enak ga enek dan padat!

Bahan:
125 gr gula palem/gula merah
5 kuning telur
3 putih telur

Campur rata:
125 gr tepung terigu
1 sdt kayu manis bubuk
½ sdt pala bubuk
¼ sdt cengkeh bubuk

Taburan:
50 gr kenari, iris tipis

Cara Membuat:

1) Kocok kuning telur, putih telur dan gula palem; sampai kental dan naik.
2) Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata.
3) Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas kertas roti (yang sudah dioles margarine dan ditaburi tepung).
4) Panggang kurang lebih 20 menit (sampai setengah matang), taburi kenari. Panggang terus hingga matang, angkat. Potong sesuai selera. Selamat menikmati!

Semoga...hasil tantangan berikutnya bisa lebih baik dari tantangan perdana ini! Dan...ini dia hasil tanda lulus perdana saya!

 
Template by suckmylolly.com - background image by elmer.0